Bongkar Gaji Hanya 250.000, Guru Honor Di NTT Terancam Dipecat?




Sebuah video tik-tok berdurasi 1 menit 7 detik yang diunggah oleh pemilik akun tik-tok @ibuguru.karryn11 viral dan dibagikan di beberapa platform media sosial seperti Facebook dan grup WhatsApp.

Dalam video tik-tok tersebut, pemilik akun tik-tok @ibuguru.karryn11 terlihat menjawab pertanyaan pemilik akun tik-tok @uand soal besaran honor yang diterima guru honorer di SMKN 6 Ende yang berlokasi di Wolobheto, Kebesani, Kecamatan Detukeli, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur sebesar Rp 250 ribu perbulan.

Video itu kemudian mendapat tanggapan dari berbagai pihak termasuk Penjabat Bupati Ende, Agustinus G Ngasu.

Pj Bupati Ende, Agustinus G Ngasu mengatakan, harus dicek terlebih dahulu apakah pemilik akun tik-tok @ibuguru.karryn11 yang juga merupakan guru berstatus PPPK di SMKN 6 Ende itu adalah warga Ende atau bukan.

"Karena dia status kepegawaiannya kan pegawai provinsi jadi kita mencari tahu, ini kan berkaitan dengan nama daerah, dia membuat status itu terkait dengan nama daerah, apakah benar dia pegawai negeri atau bukan atau, dia ASN atau bukan atau dia diangkat oleh komite maka harusnya dia berkomentar itu ke komite jangan sampai bilang pemerintah apa segala macam, jadi itu yang perlu kita telusuri benar tidak dia kerja di Kabupaten Ende," tegas Agustinus G Ngasu.

Terkait dengan unggahan itu, menurut Agustinus G Ngasu, pemilik akun tik-tok @ibuguru.karryn11 yang juga merupakan guru berstatus PPPK di SMKN 6 Ende sudah melanggar aturan PPPK.

"Kita akan memberitahukan ke provinsi bahwa ada dia punya pegawai PPPK yang sesuai dengan norma dan etika kepegawaian itu tidak benar" tegas Agustinus G Ngasu.

Menanggapi hal itu, Ibu guru Karrin yang berhasil dikonfirmasi TribunFlores.com melalui pesan WhatsApp, Senin, 5 Agustus 2024 malam mengaku baik-baik saja.

"Saya fine-fine saja, setiap orang punya pandangan untuk menilai orang lain," jawab Ibu Karrin.

Ditanya soal apakah dirinya sudah mengetahui unggahannya di akun tik-tok miliknya itu viral dan bahkan mendapat tanggapan dari berbagai pihak, Ibu guru Karrin belum menjawab karena saat ini dirinya sedang berada di desa tempatnya mengabdi yakni di SMKN 6 Ende.

Selain itu, Ibu guru Karrin juga enggan memberikan jawaban saat ditanya soal tujuan dirinya membuat video yang diunggah di tik-tok tersebut.

Sebelumnya, pemilik akun tik-tok @ibuguru.karryn11 yang berhasil dikonfirmasi melalui DM atau pesan langsung di akun tik-tok miliknya kaget dengan unggahan yang viral. Dia
menjelaskan, honor sebesar Rp 250 ribu tersebut merupakan honor komite.

"Rp 250 ribu itu gaji komite, belum ditambah dana bos Rp 250 ribu jadi totalnya Rp 500 ribuan, kalau saya guru PPPK," jelas pemilik akun tik-tok @ibuguru.karryn11.

Sebagai guru PPPK, pemilik akun tik-tok @ibuguru.karryn11 mengaku mendapat gaji sekitar Rp 3 juta lebih setiap bulan karena dirinya masih berstatus lajang.

Dijelaskan pemilik akun tik-tok @ibuguru.karryn11, besaran gaji guru honor di SMKN 6 Ende disesuaikan dengan jumlah murid yang hanya berjumlah 30 an orang.

"Kalau siswa banyak pasti gaji besar, ini karena siswa sedikit," ujar dia. Sumber: Tribunflores

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel